Tugas 2

Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.

Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.

Electronic Business yang biasa di singkat e-Business apabila digunakan dengan benar oleh suatu perusahaan atau organisasi sangat bisa untuk menekan biaya pembelian dan menaikan keuntungan penjualan, karena dapat dilakukan secara real time yakni penjual dan pemebeli cukup berinteraksi melalui media internet, penjual dapat menawarkan barang daganganya dan pembelipun dapat dengan mudah memilih penjual serta barang yang disukainya. Kondisi yang menentukan penjualan atau pembelian organisasi mendapatkan sebagian besar penghematan biayanya dari E-Business :

1. Kenyamanan membeli via Internet

Dari depan komputer di rumah sendiri (hemat waktu dan usaha), tidak ada salesman yang mendesak-desak Anda untuk membeli sesuatu yang tidak Anda inginkan, pembayaran mudah, dan lain-lainnya. Dan generasi Yuppies Indonesia masa kini mulai tidak segan-segan lagi untuk memesan barang-barang via Internet.

2. Harga yang kompetitif

Karena perusahaan-perusahaan e-Business tidak perlu menanam uang untuk stok dan menyewa showroom dan efisiensi-efisiensi lainnya (cutting the middleman [kasus Dell.com] etc)- dan ditambah dengan semakin banyaknya saingan maka harga barang bisa ditekan.

3. Populasi Indonesia

Indonesia dengan populasi penduduk ratusan juta adalah potensi yang luar biasa besar, jika daya belinya sudah meningkat. Untuk itu perlu diantisipasi sejak jauh-jauh hari, agar ketika yang demikian itu terjadi maka sudah siap untuk menampung animo beli mereka.

4. Infrastruktur Internet

Infrastruktur Internet Indonesia mungkin bukan yang terbaik, namun termasuk cukup merata – terutama berkat Wasantara.Net. Dan di pusat-pusat ekonomi (Jakarta, dan lain-lain) banyak pilihan ISP (Internet Service Provider) dan WarNet (Warung Internet) sehingga mudah untuk mengakses Internet.

5. SDM yang sedang berkembang

Generasi muda Indonesia potensinya cukup menjanjikan. Monitoring di berbagai forum di Internet menunjukkan peningkatan persentasi generasi muda yang ahli dalam hal teknis komputer – yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan untuk menunjang sektor eCommerce.

6. Mencuri Start

e-Business baru saja mulai menanjak di Indonesia

7. Membuka peluang bisnis dari luar negeri – devaluasi Rupiah berarti barang-barang kita menjadi murah untuk mereka. Dan eCommerce akan memungkinkan mereka untuk membelinya dengan mudah.

8. Pendatang-pendatang baru di Internet – website-website portal sibuk untuk merekrut mereka untuk menjadi customernya.

9. Sektor bisnis yang sedang berkembang dengan sangat pesat – baru-baru ini Forrester Research menyatakan bahwa pada tahun 2004 perputaran uang di sektor ini akan mencapai US$ 1.67 trilyun.

Berikut penulis mencoba membuat sebuah contoh bagaimana E-Business dapat menentukan penjualan atau pembelian organisasi mendapatkan sebagian besar penghematan.

Sebuah Organisasi “A” yang bererak di bidang IT yang mempunyai online shop mendapat sebuah pesanan dari seseorang yang membutuhkan part komputer model lama yang sulit ditemukan di kota tempatnya tinggal. Di sinilah peran E-Business dimulai Organisasi A menemukan penjual part tersebut di salah satu forum jual beli terbesar di Indonesia, setelah bernegosiasi dapatlah harga yang disepakati, dan sekali lagi di sini peran E-Business terlihat di mana sang pembeli tidak harus datang untuk mengambil barang pesanan, hanya dengan mentransfer nominal yang telah disepakati melalui E-Banking, pembeli tinggal menunggu barang sampai karena dikirim menggunakan jasa kurir sesuai dengan kesepakatan dengan sang penjual. Setelah barang ditangan yang dilakukan dengan sedikit menaikan harga dari yang dibeli toh pemesan juga tidak mempermasalahkan karena merupakan part yang sudah jarang dan kemungkinan sudah tidak dijual lagi, dan pada akhrinya organisasi tersebut dapat merasakan manfaat dari E-Business mendapatkan penghematan dari pembelian dari penjualan yang dilakukan.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa sebuah organisasi dapat melakukan penghematan karena dengan E-Business tidak perlu repot-repot untuk datang satu persatu ke penjual karena merugikan aspek tenaga,uang,dan pikiran serta untuk promosi pun jauh lebih mudah dengan promosi ke situs-situs jejaring sosial,forum-forum, memasang iklan di situs berita yang memiliki traffic tinggi, dengan koneksi internet dan komputer, sebuah organisasi dapat merasakan manfaat yang besar dari E-Business.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/E-business

http://cia-worls.blogspot.com/2011/12/elektronik-business-system.html

About hirakos

Take it or Leave it :3

Posted on October 13, 2012, in Tugas and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: